Kitab Suci

Kitab suci

Menurut Google Kitab Suci adalah gabungan dari dua kata yaitu Kitab dan Suci. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata Kitab memiliki arti sebuah buku sedangkan kata Sucimemiliki arti ( bersih, dalam arti keagamaan yaitu bebas dari dosa, bebas dari noda, bebas dari kesalahan )

Menurut saya Kitab Suci adalah : sebuah buku yang diciptakan berdasarkan kepercayaan masing masing, kitab suci berfungsi sebagai panutan hidup setiap orang yang memiliki agama, penuntun hidup ke jalan yang benar

Di Indonesia, terdapat 6 agama yang diakui secara resmi yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu. Yang tentu saja keenam agama tersebut memiliki tempat peribadatan dan kitab sucinya tersendiri.

 Inilah 6 agama di Indonesia beserta kitab sucinya yang merupakan pedoman utama bagi penganutnya :



1. Agama Islam


 Kitab suci Agama Islam adalah “Al-Qur’an“. Terdiri dari beberapa bagian yang disebut dengan surah. Terdapat 114 surah dalam AL-Qur’an, yang mana dalam setiap surah terdapat beberapa ayat. Sebagai contoh, AL Baqarah adalah surah terpanjang yang memiliki 286 ayat. Sedangkan untuk surah yang terpendek berisikan 3 ayat seperti surah Al Kautsar.




2. Agama Kristen Protestan

 Kitab suci Agama Kristen Protestan adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 66 kitab (39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru).

3. Agama Katolik

 Kitab suci Agama Katolik adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 72 kitab (Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab sedangkan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab).






4. Agama Hindu

 Kitab suci Agama Hindu adalah Weda, yang biasa disebut juga dengan nama Catur Weda, yaitu Regweda, Yajurweda, Samaweda dan Atharwaweda.






5. Agama Buddha

 Kitab suci Agama Buddha adalah Tripitaka.





 Categories:

Categories:

Leave a Reply